Travel Umroh Haji Plus Khazzanah Tour Jakarta: Keutamaan Puasa Senin Kamis

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Keutamaan Puasa Senin Kamis


Puasa Senin Kamis, Ibadah yang Sunnah Baik


Keutamaan Puasa Senin Kamis—Melakukan amalan berpuasa adalah hal yang sangat baik bagi kesehetan jasmani dan rohani seorang muslim atau muslimah yang mengerjakannya sehingga seorang muslim maupun muslimah akan memiliki akhlak yang baik juga dan disenangi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berpuasa bukan hanya ibadah wajib saja. Karena yang wajib hanya ada pada bulan Ramadhan dan satu tahun sekali kita akan bertemu bulan tersebut. Ibadah puasa pada bulan Ramadhan memang pahalanya besar, terlebih lagi dikerjakan pada bulan yang suci. Namun, jika melakukan ibadah puasa wajib ditambah dengan melakukan ibadah puasa yang sunnah, akan menambah nilai plus dan dapat meningkatkan ketaqwaan diri kita di hadapan Allah Subhanahu  Wa Ta’ala. Ada banyak sekali ibadah puasa sunnah yang dapat Anda atau kita sebagai hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala bisa kerjakan. Antara lain puasa Daud, puasa Muharram, puasa Syawal, puasa Senin Kamis dan masih banyak lagi puasa sunnah yang dapat meningkatkan ketaqwaan dan mempertebal keimanan dalam diri Anda di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dalam pembahasan kali ini hanya ada satu jenis puasa sunnah yang ingin dibahas yaitu puasa Senin Kamis. Nah, puasa Senin Kamis ini, memiliki keutamaan yang sangat istimewa bagi yang melaksanakannya. Kira-kira apa sajakah Keutamaan Puasa Senin Kamis tersebut? Umroh awal tahun 2017 yuk?

Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Pelaksananya


1.Diperiksanya Amal Perbuatan Seorang Hamba


Pada hari Senin dan Kamis, para malaikat akan memeriksakan perbuatan seorang hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Keutamaan Puasa Senin Kamis yang pertama ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasalam yang memiliki arti sebagai berikut : “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa” (Hadits Riwayat Tirmidzi).


2.Akan Dilipatgandakan Pahalanya 10 Kali Lipat


Keutamaan Puasa Senin Kamis yang selanjutnya adalah walaupun puasa ini adalah puasa sunnah, akan tetapi memiliki keistimewaan dalam hal pahalanya dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Qudsi Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang menerangkan akan hal ini memiliki arti sebagai berikut : “Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat” (Hadits Riwayat Bukhari dan Abu Daud).

3.Amalan yang Dicintai Allah dan Mendapatkan Pahala yang Tidak Akan Putus


Melakukan puasa sunnah Senin Kamis, telah dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam. Ini berdasarkan hasits yang artinya : Dari Aisyah Radiyallahu’anhu bahwa Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam sering melakukan puasa Senin Kamis (Hadits Riwayat Ibnu Majah, At Tarmidzi dan An Nasai). Apabila puasa Senin Kamis sering dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan senang apabila kita sebagai Hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala meniru kebiasaan Rasulullah Shalallahu’alahi Wasalam. Kemudian akan memberikan Keutamaan Puasa Senin Kamis bagi para pelaksananya yaitu tidak akan pernah terputus pahalanya meski sedang tidak berpuasa dikarenakan berpergian ataupun sakit. Namun dengan catatan apabila sebelum berpergian atau sakit sering melakukan puasa Senin Kamis secara rutin. Hadits yang menjelaskan mengenai hal ini adalah : Dari Aisyah Radiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shalallahu’alahi Wasalam bersabda, “Wahai para manusia, beramal lah sesuai kemampuan kalian. Karena sesungguhnya Allah tidak akan bosan sampai kalian bosan. Sesungguhnya amal yang paling dicintai oleh Allah adalah amal yang paling rutin dikerjakan meskipun sedikit. (Hadits Riwayat Bukhari 5861). Cara umroh awal tahun 2017, klik saja infonya di Paket Umroh Februari 2017.

Hadits selanjutnya mengenai Keutamaan Puasa Senin Kamis adalah :

Dari Abu Musa Al Asy’ari Radiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shalallahu’alahi Wasalam bersabda, “Jika seorang hamba itu sakit atau berpergian maka dicatat untuknya (pahala) sebagaimana (pahala) amalnya yang pernah dia lakukan ketika di rumah atau ketika sehat” (Hadits Riwayat Bukhari 2996).

Back To Top