Travel Umroh Haji Plus Khazzanah Tour Jakarta: Panduan Lengkap Melaksanakan Ibadah Haji yang Benar dan Sesuai Sunnah

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Panduan Lengkap Melaksanakan Ibadah Haji yang Benar dan Sesuai Sunnah

panduan lengkap haji

Panduan Lengkap Melaksanakan Ibadah Haji yang Benar

Panduan Haji- Panduan dalam berhaji, biasanya bisa dikatakan sebagai manasik haji. Dimana manasik haji dapat didapatkan ditempat Anda mendafarkan diri ke biro jasa perjalanan haji sebelum Anda melaksanakan ibadah haji. Manasik haji, tentu saja diajarkan mengenai do’a dan tata cara lengkap mengenai ibadah hajinya yang lengkap. Namun, Panduan Haji ini, bisa juga didapat tanpa harus menunggu ajaran dari biro jasa perjalanan haji tertentu. Sekarang banyak media massa yang menyediakan artikel bacaan yang mudah dicari melalui internet. Tentunya kita tdak perlu khawatir terjadi kekurangan ilmu tentang Panduan Haji. Apalagi, untuk orang yang sudah berminat dan berniat untuk melakukan ibadah haji, pasti sudah sangat ingin mengetahui kemudian mempraktikan sendiri tata cara dan do’a-do’anya terdebut.

Panduan lengkap Haji yang pertama adalah ihrom. Ihrom dilakukan ketika telah sampai di miqat atau batas yang telah ditentukan. Ihrom diawali dengan mandi junub seperti melakukan mandi besar kemudian memakai wangi-wangian yang wanginya terbaik jika mungkin, dan barulah mengucapkan niat : “Labbaika Allahumma Hajjan” yang artinya : “Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu untuk melaksanakan ibadah haji.” (HR Muslim). Kemudian memakai pakaian ihrom yang telah ditentukan dalam Islam dengan memakai pakaian putih tak berjahit. Ihrom ini dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah (Hari Tarwiyah).

Kemudian Panduan Haji yang kedua ialah meneruskan ihrom dengan talbiyah yang bacaannya yakni : “Labbaika Allahumma Labbaika, Labbaika Laa Syarika Laka Labbaika, Innal Hamda Wanni’mata Laka Wal Mulku, Laa Sarika Lakaka.” Yang memiliki arti : “Ya Allah aku penuhi panggilan-Mu, aku penuhi panggilan-Mu, Tiada sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat adalah kepunyaan-Mu, demikian pula segala kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu.” (HR. Bukhori)

Panduan Haji sesuai sunnah Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam selanjutnya adalah mabit di Mina. Mabit di Mina atau bermalam/menginap di Mina dilakukan keberangkatannya masih tanggal 8 Dzulhijah dan kemudian disana melakukan solat  5 waktu yaitu Dzuhur, Asar, Maghrib, Isya, dan Subuh. Mau umroh akhir tahun? Klik Umroh Desember 2016

Kemudian setelah mnginap atau mabit di Mina, selanjutnya Anda melakukan Wukuf di Arafah. Kegiatan wuquf dilakukan tanggal 9 Dzulhijah di tempat atau tenda yang telah ditentukan dengan menghadap ke arah kiblat dan mendengarkan khutbah arafah setelah melakukan solat dzuhur. Selain itu wuquf di arafah juga melakukan dengan solat dan berdo’a meminta kepada Allah dengan mengangkat tangan yang setinggi-tingginya kemudian dapat diselingi dengan dzikir.

Setelah itu Mabit di Mudzalifah. Panduan Haji ini dilakukan ketika matahari sudah terbenam kemudian diharuskan mencari batu-batu kecil sebanyak 7 batu. Batu tersebut akan dipakai untuk melakukan melontar jumroh yang dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijah atau pada hari haji. Kemudian melakukan tahallul yang pertama atau mencukur rambut yang pertama, kemudian dilajutkan dengan melakukan berqurban/ menyembelih kambing yang dilakukan pada tangga 10 Dulhijah atau dapat dilakukan pada hari tasyrik yaitu pada tanggal 11-13 Dzulhijah. Kemudian melakukan thawaf ifadhoh yang dilakukan dengan melakukan 7 kali putaran berlawanan dengan arah jarum jam sehingga Kak’bah berada disebelah kiri Anda. Setelah itu Anda akan melakukan Sa’i (bolak balik dari Safa dan Marwa sebanyak 7 kali). Kemudian bermalam di Mina lagi dan Panduan Haji yang terakhir Anda akan melakukan thawaf Wada atau thawaf perpisahan.

Panduan Haji yang Anda lakukan harus khusyu, berurutan, tidak boleh salah satunya tidak dikerjakan karena akan membuat ibadah haji Anda menjadi tidak sah. dan niat karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang tulus serta ikhlas bersungguh-sungguh melaksanakannya. Maka inshaaAllah Anda akan menjadi haji yang mabrur.

Selanjutnya bagi anda yang butuh info umroh plus turki murah di bulan Desember 2016, silahkan datang langsung ke kantor kami di Jl I gusti Ngurah rai No 6 Pondok Kopi Duren sawit jakarta TimurAtau bisa hubungi  staff dan agen khazzanah tour . Dapatkan biaya umroh murah dan discount dari kami terbatas hanya untuk yang mendaftar kelompok atau keluarga 
Back To Top