Travel Umroh Haji Plus Khazzanah Tour Jakarta: Aceh Meminta Pemerintah Menambah Kuota Haji

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Aceh Meminta Pemerintah Menambah Kuota Haji

kuota haji indonesia
Aceh Meminta Pemerintah Menambah Kuota Haji ? benarkah ? 
Pemprov Aceh meminta kepada pemerintah pusat untuk mencoba memperjuangkan ke pihak Pemerintah Arab Saudi agar mempertimbangkan agar adanya penambahan kuota haji untuk Provinsi Aceh.

Permintaan tersebut diutarakan oleh Sekda Pemerintah Aceh yakni Teuku Setia Budi menjawab wartawan, Kamis (3/1/2022) selesai setelah menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 67 di Tingkat Provinsi Aceh yang berlokasi di Halaman Kantor Gubernur Aceh.

Menurut beliau, permintaan penambahan untuk kuota haji Provinsi Aceh adalah bukan lagi sesuatu hal yang baru karena memang sudah beberapa kali masalah aceh meminta pemerintah menambah kuota haji ini didiskusikan oleh pihak Pemerintah Aceh dan Kanwil Kemenag Aceh dengan pihak pemerintah pusat.

“Untuk itu saya sangat berharap agar sekiranya pemerintah pusat benar-benar memperjuangan aspirasi yang datangnya dari rakyat Aceh tentang wacana penambahan kuota ibadah haji  karena saat ini jamaah calon haji yang telah masuk daftar tunggu atau waiting list haji sudah mencapai nominal 52.931 orang,” ujarnya.

Teuku Setia Budi menyatakan,  penambahan kuota haji Aceh harus diperjuangkan oleh pihak pemerintah RI ke pihak  Pemerintah Arab Saudi dengan rujukan yang digunakan sesuai dengan  jumlah penduduk Aceh yang kini sudah mencapai 5 juta jiwa, dalam hal ini penambahan kuota haji Aceh yang pantas diberikan adalah 5.000 orang.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Aceh Drs H Ibnu Sa’dan MPD yang ditanya oleh wartawan mengatakan, kuota haji tersebut adalah memang sesuai ketentuan dari Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang berpedoman pada jumlah penduduk yaitu dalam satu permilnya 1.000 jamaah.

“Pada dasarnya, pemerintah Indonesia telah memperjuangan penambahan kuota untuk jamaah haji Indonesia, namun demikian dipenuhi atau tidak permintaan penambahan kuota haji Indonesia tersebut sangat tergantung kepada pemerintah Arab Saudi itu sendiri,” tandas Ibnu Sa’dan.

Sebagaimana kita ketahui, bahwasanya dalam dua tahun terakhir ini di Arab Saudi sedang dilaksanakan perluasan area masjidil haram sehingga daya tampungnya memang sangat terbatas sehingga kalau kuota haji ditambah, maka akan menjadi persoalan baru termasuk masalah penempatan di mina.

Demikianlah informasi haji terkini  yang bertemakan Aceh Meminta Pemerintah Menambah Kuota Haji yang dapat kami rangkum, semoga dapat bermanfaat bagi calon jamaah haji, travel umroh, biro umroh dan haji serta bagi kita semua.

sumber : http://rri.co.id

Travel Al Hijaz
Back To Top